Tentang Kami
Motto : “Strength and Honour” (Kekuatan dan Kehormatan)
Filosofi : “Our students are our own children”
(Siswa kami adalah anak-anak kami)
Guru kami menempatkan diri sebagai orang tua siswa di sekolah. Keyakinan dasar sekolah bahwa Allah telah menganugerahkan setiap anak dengan potensi yang dapat dikembangkan dalam pengasuhan bersama antara kedua orang tua dan guru.
Putar Video
PROFIL Sekolah
Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) adalah sekolah di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Pesantren Sabilil Muttaqien (YPI PSM) yang berlokasi di Jl. Madura No. 10 Kec. Grogol, Kab. Kediri, Jawa Timur, Indonesia. IIS PSM memiliki jenjang pendidikan mulai dari KB, TK, SD, dan SMP. IIS PSM diresmikan pada tanggal 25 Agustus 2008 di hotel JW Marriot Surabaya dengan IIS PSM Magetan sebagai pusatnya. Sedangkan lauching pembukaan IIS PSM di Kediri itu sendiri pada tanggal 27 April 2012. Pengesahan dan peresmian sekolah ditandatangani oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Menteri Pendidikan Singapura, CEO Temasek Foundation Singapura serta dihadiri oleh para pengusaha dari Jawa Timur dan kota-kota besar di seluruh Indonesia. IIS PSM diprakarsai oleh Dr.(Hc.) Dahlan Iskan dan Ir. H. Mir’atul Mu’minin, M.M. serta berafiliasi dengan Madrasah Irsyad Zuhri Al Islamiyah Singapura dalam hal manajemen sekolah.
IIS PSM berkomitmen dalam penerapan standar kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum internasional dan kurikulum islami. Dengan penerapan kurikulum tersebut, siswa lulusan IIS PSM akan memperoleh dua sertifikat, yaitu sertifikat nasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia .dan sertifikat internasional dari Cambridge University, Inggris. Selain itu, lulusan IIS PSM juga memiliki bekal ilmu agama dan hafalan Al-Quran yang baik untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara full-day session school.
TUJUAN
- Menghasilkan generasi muda yang memahami posisi dan tanggung jawabnya untuk memeroleh pengetahuan serta ketrampilan sebagai bagian dari peran mereka untuk menjadi wakil Allah di Bumi (Khalifah Fil Ard).
- Perolehan Nilai Ujian Nasional dan Internasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan
- Lulusan dapat diterima diperguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri.
- Terbentuknya kebiasaan hidup siswa yang mandiri dan memiliki jiwa wirausahawan (Entrepreneur) yang tinggi serta memiliki karakter kepemimpinan yang kuat
- Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
- Terwujudanya suasana islami yang berlandaskan ihsan, iman dan taqwa.
- Terlaksananya pembelajaran dan bimbingan secara efektif serta terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional siswa yang mantap.
- Berkembangnya antusias yang tinggi terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Terbentuknya budaya kepedulian terhadap kelestarian alam
- Tumbuhnya kepekaan terhadap lingkungan sekolah yang hijau, bersih dan sehat
- Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.
VISI
“Model School In Educating Indonesian Young Generation With The Global Mind and Islamic Value”
Sekolah teladan dalam mencetak generasi muda Indonesia yang berwawasan global dan mengamalkan nilai-nilai islami”
Misi
- Menggabungkan ilmu, amal, taqwa sebagai landasan utama pembentukan karakter siswa.
- Mengoptimalkan kemampuan siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning), pembelajaran interaktif ( Interactive Learning) dan pembelajaran kontekstual (Contextual Learning) serta pembelajaran berdasar pada kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) secara holistik.
- Mengaplikasikan pendidikan yang menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan agama sehingga dapat membentuk siswa yang berilmu dan berakhlakul karimah.
- Menyiapkan siswa untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri.
- Menerapkan kebiasaan hidup mandiri dan mendorong siswa menjadi wirausahawan (Entrepreneur) sukses di masa yang akan datang.
- Menyiapkan siswa untuk menjadi pemimpin-pemimpin terhadap dirinya sendiri dan pemimpin keluarga, masyarakat, agama, negara serta dunia.
Penanaman nilai
IMAN
Kami percaya bahwa keberadaan kami di IIS PSM dalam misi yang diberikan oleh Allah swt untuk beribadah. Kami berusaha untuk menjalankan misi tersebut dengan amanah dan takwa.
IHSAN
Keberadaan kami untuk memberi pelayanan bagi orang lain karena Allah. Semua orang di lingkungan IIS PSM itu penting. Kami memperlakukan setiap orang dengan empati dan hormat.
ITGAN
Kami percaya bahwa misi mulia ini dapat terwujud dengan memberikan performa yang terbaik. Kami berkomitmen untuk melaksanakan amanah dengan semangat dan profesionalisme
Prioritas Sekolah
Bahasa inggris
- Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
- Bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam mengajar di kelas dan di kalangan guru dan murid dalam kegiatan sehari-hari.
berstandar nasional
- Kurikulum mengacu pada Cambridge International Examination, Universitas Cambridge.
- Manajemen sekolah dipandu oleh Madrasah Irsyad Zuhri Al-Islamiyah Singapura sebagai sister school.
- Kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran abad 21 berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
Bi’ah Islamiyah
- Menanamkan akhlakul karimah ke semua warga sekolah mulai dari murid, guru dan staff karyawan.
- Mengajarkan bahasa Arab sebagai bahasa agama.
- Pemanfaatan sumber daya yang unggul untuk mengaplikasikan sistem pembelajaran Al-Quran dengan baik.
- Membiasakan warga sekolah untuk melakukan sunah-sunah Rasulullah dan membangun iklim lingkungan yang islami.
Kurikulum sekolah
kurikulum Pendidikan yang diterapkan di IIS PSM adalah:
1
Kurikukum Nasional
merupakan kurikulum dasar yang digunakan dari dinas pendidikan (Kurikulum Merdeka) dan menjadi acuan dalam kegiatan belajar mengajar di IIS PSM.
2
Kurikukum Internasional
di sekolah IIS PSM merujuk pada Cambridge International Examination.
3
Kurikulum Agama
IIS PSM mengintegrasikan kurikulum agama berbasis pesantren untuk memberikan bekal ilmu, kebiasaan dan akhlak keislaman yang kaffah. Setiap siswa wajib memiliki keterampilan membaca Alquran dengan standar bacaan metode UMMI serta menghafal Al-Quran dengan target yang ketat.
Metode pengajarannya berpusat pada siswa (student centered), di mana siswa belajar secara aktif dan berkembang sesuai kemampuan bakat dan minatnya. Proses pembelajaran berbasis pembelajaran aktif dengan menerapkan pembelajaran kontekstual (contextual learning) serta pembelajaran berdasarkan konsep multiple intelligence.